Angka penjualan Mobilio yang tembus lima digit bisa menjadi tanda kesuksesan Honda dalam membangun branding Mobilio. Meskipun Mobilio bukanlah mobil baru dan pernah sukses juga pada decade yang lalu, namun peningkatan penjualan ini cukup fenomenal. Tidak ada mobil yang dengan cepat bisa menembus angka penjualan 5 digit dalam waktu beberapa bulan.
Lihat saja beberapa mobil pesaingnya yang harus dibangun dari bawah, dengan promosi yang gencar. Namun dalam kenyataannya tidak pernah menembus angka penjualan lima digit. Hanya beberapa saja yang beruntung, itupun karena memang punya dukungan kuat dengan mobil sejenis di atasnya.
Promosi gencar memang selalu menjadi senjata dalam mengenalkan mobil yang diproduksi ke penggunanya. Biasanya bisa berupa bonus, diskon harga sampai layanan purna jual yang lebih baik. Namun pengguna mobil juga sudah cukup jeli dalam melihat spesifikasi mobil yang dibelinya.
Biasanya ada perbedaan sedikit saja sudah langsung tertarik dengan spesifikasi yang ditawarkan, tanpa melihat performa secara keseluruhan. Bisa jadi kemampuan mobil di luar kenyataan dari spesifikasi yang ditawarkan. Misal kemampuan mesin mobil bisa saja lebih besar, namun bila bodi dan berat mobil lebih besar maka performa mobil bisa saja sama dengan mobil pesaingnya.
Jadi sebuah keunggulan dalam sebuah fitur di spesifikasi mobil bukanlah segalanya, masih ada beberapa factor yang membuat Mobilio begitu sukses. Meskipun dalam hal harga dan teknik penjualan juga tidak terlalu promosi. Namun factor MPV dan branding yang membuat Mobilio bisa begitu sukses.
Bila dilihat dari harga mobil Honda yang termurah bukanlah dipegang oleh Mobilio, masih ada beberapa yang termurah. Jadi masalah harga bukan patokan, namun dalam hal kapasitas penumpang, memang Mobilio yang harganya paling murah. Animo peminat mobil kepada mobil 7-8 seat memang masih sangat tinggi dan mendominasi segmen mobil secara keseluruhan.
Dalam beberapa bulan ke depan akan menjadi saat yang mendebarkan ketika Mobilio menguasai pasar low MPV. Memang bukan hal yang mudah tapi bisa dicapai Mobilio dalam waktu singkat, bahkan bila rangkaian produksi di pabrik bisa lebih bagus, sebenarnya sudah menguasai pasar low MPV sejak awal tahun. Memang butuh investasi besar untuk infrastruktur sebuah jenis mobil baru.
Banyak rangkaian yang harus dilakukan, mulai dari prasarana produksi, sampai penjualan dan layanan purna jualnya yang butuh dana yang tidak sedikit. Mungkin animo yang besar di luar target atau perkiraan pabrikan Honda. Ini mengingat segmen pasar low MPV yang sudah dikuasai beberapa pesaingnya, bahkan di kelas ini memiliki jumlah kompetitor yang paling tinggi.
Boleh jadi Mobilio tidak terlalu banyak promosi tapi sudah dengan cepat dikenal oleh konsumennya. Apalagi dengan beberapa kelebihan, ini yang membuat tidak dipandang sebelah mata. Mungkin inilah kunci kesuksesan Mobilio menembus jajaran dua besar penjualan mobil secara keseluruhan.